Jumat, 19 April 2019

Qualcomm Menangkan Perangkat Paten Cip Modem atas Apple - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -

Qualcomm

dan

apel

Satu sama lain setelah Apple menyetujui untuk membayar biaya modem cip 4G Qualcomm yang dianggap terhutang selama enam tahun. Namun, perusahaan kedua tidak mengungkap biaya lisensi besar tersebut.

"Ini adalah kemenangan besar (untuk Qualcomm)," jelas Christopher Rolland, analis dari Susquehanna Financial Group. Saham Qualcomm naik 23 persen menjadi US $ 70,45 (Rp991,552,05), saham terbesar mereka dalam 19 tahun.

Penyelesaian ini juga menyelesaikan gugatan yang diajukan oleh mitra pabrikan Apple. Perusahaan yang ingin Qualcomm, menerima kelebihan US $ 9 miliar yang disetujui Qualcomm, seperti disetujui Wired . Alasannya, perusahaan cip tersebut meminta biaya lisensi dua kali, untuk Apple dan perusahaan pemanufaktur iPhone.

.

Hal ini disetujui pengadilan Qualcomm dalam pembukaan sambutan atas perusahaan kedua di pengadilan federal di San Diego, Amerika Serikat. Qualcomm lantas yang bertanggung jawab atas kasus ini disejumlah pengadilan lain, hingga ke luar negeri seperti China dan Jerman.

Seteru ini telah berlangsung selama dua tahun. Setelah perseteruan membuat sengit, Apple beralih menggunakan modem cip pada ponselnya menggunakan produk Intel sejak tahun lalu.

Namun, Intel baru saja mengumumkan jika mereka tidak akan memproduksi modem cip 5G. Sementara Qualcomm sudah mulai mengapalkan modem cip tersebut. Terkait Apple berencana untuk memindahkan pembelian cip 5G ke Samsung.

Meski demikian, investor Intel tidak begitu tertarik dengan bisnis modem perusahaan itu. Sebab, modem bisnis tidak begitu menguntungkan seperti CPU bisnis.

"Intel tidak memperdagangkan lebih sedikit karena porsi bisnis modem hanya mewakili sebagian kecil dari perusahaan," jelas Patrick Moorhead dari Moor Insights & Strategy.

Kemenangan ini dapat membantu Qualcomm kembali mendukung modem cip 5G. Hal serupa pernah terjadi pada 2010 kompilasi dunia sedang melakukan transisi ke jaringan 4G. Momentum tersebut berhasil meningkatkan perusahaan itu drastis.

Meskipun demikian, Apple menuduh balik Qualcomm melakukan praktik ilegal untuk melakukan praktik monopoli modem cip yang digunakan untuk menghubungkan ponsel ke jaringan seluler. Qualcomm menyebut Apple telah menggunakan teknologi itu tanpa membayar lisensi paten miliknya.

Setelah kejadian ini, Qualcomm dan Apple tidak akan menyetujui lagi untuk perjanjian pasokan berikutnya. Namun analis Bernstein, Stacy Rasgon, menyebut kemungkinan besar akan menyolek Qualcomm untuk menyuplai cip 5G mereka.

Apple tidak menyebut akan mempertahankan Intel sebagai pemasok modem cip mereka. Tapi Eksekutif perusahaan Appe meminta jika perusahaannya memiliki kebijakan uhntuk selalu mencari beberapa pemasok berbeda. Hal ini diungkapkan dalam kesaksian di persidangan antara Komisi Perdagangan Federal AS pada Januari lalu. (eks / eks)


Read More

Tidak ada komentar:

Posting Komentar